02 Maret 2017

KBRI New Delhi telah menerima surat dari Centre for Space Science and Technology Education in Asia and the Pacific (CSSTEAP), yang menyampaikan tawaran penyelenggaraan program studi Post Graduate Diploma Courses tahun ajaran 2017 – 2018 dalam bidang teknologi dan keilmuan antariksa serta aplikasinya terhadap pembangunan sosial ekonomi. Sehubung dengan hal tersebut, mohon kiranya tawaran pendidikan tersebut dapat disampaikan kepada instansi/lembaga terkait. Informasi lengkap mengenai program yang ditawarkan CSSTEAP dapat dilihat melalui www.cssteap.org

Lampiran

 

02 Maret 2017

Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti menawarkan program Scheme for Academic Mobility and Exchange(SAME) Tahun 2017. Program ini mengirim dosen profesor atau dosen S3 (senior) ke perguruan tinggi/institusi penelitian di luar negeri dan mendatangkan dosen/peneliti ke perguruan tinggi dalam negeri.

Bagi perguruan tinggi yang dosennya berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut mohon untuk mengisi form SAME dan melengkapi berkas permohonan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Pedoman Penyelenggaraan Program SAME Tahun 2017

Unduh :

1. Surat Penawaran Program SAME

2. Panduan SAME 2017

02 Maret 2017

 

Jika ada yang membutuhkan bahan Penelitian atau Buku Silahkan cari situs web berikut :

 1.    http://gen.lib.rus.ec

2.    http://gen.lib.rus.ec

3.    http://sci-hub.org

4.    http://sci-hub.cc

5.    http://sci-hub.bz

6.    http://search.crossref.org

7.    http://booksc.org/

8.    http://libgen.io/

9.    http://gen.lib.rus.ec/scimag/

10.  http://airccj.org/csecfp/library/index.php

 

for text books , these are the links
1) http://libgen.org/
2)http://gen.lib.rus.ec/
3) http://en.bookfi.org/
4) http://lib.freescienceengineering.org/
5) http://bookza.org/
6) http://bookzz.org/

Free Download Fulltext Articles From Journals and Ebooks. Untuk yang open akses, terdapat beberapa pilihan yang bagus :

1.    Directory of Open Access scholarly Resources (ROAD)
http://www.kopertis12.or.id/2016/03/13/directory-of-open-access-scholarly-resources-road.html

2.    Terdapat 13.745 open access resources dari 150 Negara siap diunduh, terdiri dari: 13.062 journal diantaranya 2.625 yang terindex Scopus 240 Academic Repositoriies 202 Monographic Series 126 Conference Proceeding 103 Scolarly Blogs.

3.    Indonesia OneSearch by The National Library of Indonesia, 2016
http://www.kopertis12.or.id/2016/02/12/indonesia-onesearch-by-the-national-library-of-indonesia-2016.html
Terhimpun Journal dan ebook dari berbagai institusi dalam dan luar negeri. Terdapat 2.734 Journal reputasi berbagai bidang ilmu, sebanyak 21.473.752 artikel jurnal full text avaiable SIAP DIUNDUH, tanpa perlu login.

4.    Journals with Open Access options
http://journalfinder.elsevier.com
Dengan mengisi kata kunci title dan abstrak dan conteng kotak Filter : Limit to journals with Open Access options.

5.    OAJ terindex Scopus yang dikelola Elsevier/Sciencedirect
http://www.sciencedirect.com/science/journals/all/all-open-access
Kelihatannya terdapat 2.282 jurnal, namun hanya Edisi tertentu dari jurnal tsb yg free.

6.    OMICS Open Access Journals
http://www.omicsonline.org/open-access-journals-list.php
OMICS Internasional is current managing 700 + Open Access Journals in field of Clinical, Medical, Life Science, Pharma, Environmental,

7.    IEEE Xplore Digital Library
http://ieeexplore.ieee.org/Xplore/home.jsp

8.    Browse Journals-Wiley Open Access
http://www.wileyopenaccess.com/view/journals.html

9.    Directory of Open Access Journals
https://doaj.org

 

Open Access Journals Search Engine (OAJSE)
http://www.oajse.com

 

BookSC
The world’s largest scientific articles store. 50,000,000+ articles for free. http://booksc.org/

 

Portal e-journal langganan Kemristekdikti
ProQuest: http://search.proquest.com
Cengage: http://infotrac.galegroup.com/itweb


Untuk Pencarian Terpadu: http://ristekdikti.summon.serialssolutions.com
Untuk peroleh username dan password ikuti ini:
http://simlitabmas.dikti.go.id/ejournal/Default.aspx

  

 

   

 

 

 

16 Februari 2017

Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan pemerintah Perancis menawarkan program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) ke Perancis.

Bagi perguruan tinggi yang dosennya berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mengisi form SAME dan melengkapi berkas permohonan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Pedoman Penyelenggaraan Program SAME Tahun 2017

Unduhan :

Pedoman Penyelengaraan Program SAME Tahun 2017

07 Februari 2017

Pemerintah Indonesia bersama dengan Pemerintah Prancis kembali meluncurkan Program NUSANTARA 2017. NUSANTARA merupakan program pendanaan penelitian bersama antara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia dan Kementerian Luar Negeri dan Perkembangan Internasional Prancis. Program ini mendukung seluruh proyek penelitian yang diusulkan oleh pusat-pusat penelitian. Proyek penelitian yang dapat diajukan mencakup berbagai bidang penelitian seperti: teknologi pangan, energi, kesehatan, kelautan, teknologi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, ilmu sosial, perubahan iklim, dan penanggulangan bencana. Pengusulan proposal penelitian ini terbuka bagi seluruh universitas, institusi penelitian sektor publik, dan perusahaan swasta.

Pendanaan penelitian terbagi dalam dua skema yaitu:

  • Research schemeprogram ini akan mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup bahan baku kecil dan bahan habis pakai atau analisis. Pendanaan ini berlaku KHUSUS bagi penelitian yang dilakukan di dalam wilayah Indonesia (batas maksimum adalah 200 juta rupiah untuk setiap proyek, per tahun)

Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (RISBANG), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 4 Jl.Jend.Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan, Jakarta 10270

Mobility scheme. skema ini mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup perjalanan internasional dan biaya hidup selama jangka waktu penelitian. Pemerintah Prancis akan mendanai misi kunjungan periode singkat (travel and living allowances), baik itu di Prancis atau di Indonesia, dan Pemerintah Indonesia akan mendanai misi kunjungan berjangka waktu 2 – 3 minggu di Prancis (training, course) atau di Indonesia (visiting professor). Alokasi pendanaan proyek akan diputuskan oleh panitia seleksi gabungan.

Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI (SDID), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 5 Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan, Jakarta 10270

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengumpulkan formulir aplikasi NUSANTARA dan Curriculum Vitae (CV) dalam bentuk hard copies, dimasukkan lengkap dalam amplop bertuliskan “PROGRAM NUSANTARA 2017”.

Informasi lengkap mengenai seleksi dan formulir pendaftaran dapat melihat Attachfile berikut

 

31 Januari 2017

Sehubungan dengan penyelesaian studi karyasiswa BPP-LN jenjang S3 angkatan 2013-2014, disampaikan bahwa Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi membuka pendaftaran usulan perpanjangan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) tahap 1 tahun 2017.

Karyasiswa BPP-LN angkatan 2013 dan 2014 yang akan mengajukan perpanjangan BPP-LN dapat mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan Pedoman Perpanjangan BPP-LN 2017 terlampir ke laman studi.ristekdikti.go.id dengan menggunakan akun masing-masing pada menu administrasi (perpanjangan studi).

Dokumen pengajuan perpanjangan BPP-LN yang akan dievaluasi adalah dokumen yang diajukan secara daring (online) pada laman dan periode tersebut di atas. Bagi karyasiswa yang telah mengajukan perpanjangan dengan menyerahkan dokumen (hardcopy) ke Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti dan tidak pada jadwal yang telah ditetapkan, agar mengajukan kembali sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Unduh

Surat Penawaran Perpanjangan BPPLN Tahap I 2017

Panduan Eksistensi BPPLN 2017

 

24 Januari 2017

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, 021/F/Kp/XII/2016 tanggal 22 Desember 2016 tentang Pedoman Perusahaan Pemula BerbasisTeknologi dari Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2017, bersama ini kami sampaikan ada beberapa perbaikan yang tidak merubah substansi tapi belum memenuhi sistematika penulisan, dengan perbaikan sbb :

No

Awal

Perubahan

Halaman

1

Bab VIII. Jadwal Pelaksanaan Program

Tabel Jadwal

Point :

No. 5.  Seleksi Presentasi  Substansi dan Wawancara

 

No. 8.  Revisi RAB dan mengirimkan 3 (tiga) rangkap hardcopy proposal, cover warna coklat

Bab VIII. Jadwal Pelaksanaan Program

Point :

Tabel Jadwal

 

No. 5.  Seleksi Presentasi  Substansi dan Wawancara (peserta wajib membawa proposal hardcopy sebanyak 2 eksemplar dijilid rapi cover warna coklat).

 

No. 8.  Revisi RAB

Bab VIII. Jadwal Pelaksanaan Program

Hal 11

2

Bab IX. Cara Pendaftaran Proposal

Inkubator PTN atau PTS mengusulkan calon tenan dengan mengisi aplikasi secara on-line dan mengirimkan hardcopy proposal sebanyak 2(dua) rangkap serta kelengkapannya kepada penyelenggara Program setelah Tim Jurimelakukan Fact Finding.

Bab IX. Cara Pendaftaran Proposal

Inkubator PTN atau PTS mengusulkan calon tenan dengan mengisi aplikasi secara on-line dan mengunggah softcopy proposal paling lambat tanggal 3 FEBRUARI 2017 PUKUL 15.00 WIB.

Hardcopy proposal dibawa sebanyak 2 (dua) eksemplar (dijilid rapi cover warna coklat) diserahkan ke sekretariat program PPBT PT pada saat mengikuti tahap seleksi presentasi substansi dan wawancara.

Bab IX. Cara Pendaftaran Proposal

Hal. 12

3

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Administrasi

Seleksi substansi dapat meliputi

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Substansi

Seleksi substansi merupakan substansi proposal dapat meliputi :

Bab X. Seleksi Proposal, B. Mekanisme Seleksi  Hal 13

4

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Substansi

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Presentasi Substansi & Wawancara

Bab X. Seleksi Proposal, B. MekanismeSeleksi  Hal 13

5

Bab XV. Format Penyusunan Proposal (dalam panduan penyusunan proposal – Bab IX. Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA))

Point 4. Belum Ada

Bab XV. Format Penyusunan Proposal (dalam panduan penyusunan proposal – Bab IX. Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA))

4. Yang disampaikan di proposal adalah : 1)Rekapitulasi anggaran yang dibutuhkan Tenant, 2)  Rekapitulasi anggaran yang dibutuhkan Inkubator ; sedangkan rincian RKA di pegang oleh Inkubator dan Tenant

Perubahan pada Rekapitulasi Anggaran Tenant – ditambah point No. 4

Bab XV. Format Penyusunan Proposal (dalam panduan penyusunan proposal – Bab IX. Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA))

 

Perbaikan Buku Pedoman Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi PerguruanTinggi Tahun Anggaran 2017

 

Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi
Gedung II BPPT, Lantai 21, Jl. MH.Thamrin No. 8, Jakarta 10340.
Telp. (021) 3149796 ;  Faks. (021) 310-1952

Website: ppbt.ristekdikti.go.id/pt



20 Januari 2017

Berkaitan dengan layanan perizinan perjalanan dinas luar negeri (PDLN) di Lingkungan Kemenristekdikti, disampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Prosedur Pelayanan Izin Perjalan Dinas Luar Negeri

 

 

Agenda Kegiatan

No events