07 September 2016

Dalam proses penilaian usulan kenaikan jabatan/pangkat dosen seringkali ditemukan hal-hal yang melanggar atau tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam dokumen berikut terangkum temuan-temuan yang berkaitan dengan karya ilmiah pada usulan kenaikan jabatan/pangkat dosen. Silakan unduh dokumen disini.

02 September 2016

Yth. Bapak/Ibu/Saudara,

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.45a/E/KPT/2016 tanggal 5 Agustus 2016 tentang Penetapan Proposal Insentif Sentra Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2016, bersama ini diumumkan Proposal Penerima Insentif Sentra HKI yang dibiayai dengan anggaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2016.

Untuk melihat Keputusan tersebut, Bapak/Ibu/Saudara dipersilahkan download pada tulisan bergaris bawah dibawah. Pertanyaan mengenai mekanisme pencairan anggaran dan hal yang berkaitan dengan program ini dapat menghubungi :

 

Sekretariat Program Insentif Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Gedung II BPPT, Lantai 20, JL. MH Thamrin No.8 Jakarta
Telp. 021-3169754, Fax. 021-3102046

 

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas partisipasin seluruh pengusul Insentif Sentra HKI baik yang berhasil mendapatkan maupun yang belum.

Jakarta,      Agustus 2016

 

Download Dokumen:    Pengumuman Insentif Sentra KISK Penetapan Penerima Insentif Sentra HKI

 

01 September 2016

Dengan ini kami sampaikan bahwa Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada peneliti dan lembaga-lembaga riset serta Industri di Indonesia untuk mengajukan proposal Program Insentif Riset Sinas (InSInas) padaskema InSINas – Riset Pratama untuk pendanaan tahun 2017.

Sesuai ketentuan pada Buku Panduan Program INSInas Tahun 2017, pengusulan proposal dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Proses pengusulan mengikuti ketentuan sebagai berikut :

1.     Bagi pengusul dosen dari Perguruan Tinggi di bawah Kemenristekdikti yang belum mempunyai userdan password dapat menghubungi operator Simlitabmas di Perguruan Tinggi masing-masing. Bagi calon pengusul dosen yang sudah mempunyai user dan password dapat langsung menggunakan user danpassword tersebut untuk mendaftarkan proposalnya;

2.     Bagi pengusul yang berasal dari institusi diluar lingkup Kemenristekdikti seperti LPK, LPNK atau Industri diharuskan mengajukan permintaan Akun INSInas sebagaimana dijelaskan pada Panduan Program InSInas Tahun 2017;

3.     Tahap pendaftaran dan pengunggahan proposal secara daring melalui Simlitabmas dilaksanakan mulai tanggal 30 Agustus 2016 sampai dengan 30 September 2016;

4.     Kami mohon informasi ini disebarluaskan kepada para peneliti di lingkungan instansi Saudara;

5.     Panduan Program InSInas Tahun 2017 sebagaimana terlampir.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

 

 Unduh

1. Surat Penerimaan Proposal Insinas

2. Panduan Proposal

01 September 2016

Bersama ini disampaikan bahwa pengiriman proposal Bilateral Exchange Program JSPS DG RSTHE Joint Research Project 2017 diperpanjang sampai dengan tanggal 8 September 2016 (8 September 2016 proposal sudah sampai di Direktorat Kualifikasi). Tidak ada perubahan terkait syarat dan ketentuan peserta kegiatan.

Unduhan :

1. Surat Pendukung JSPS

2. Panduan Program JSPS Tahun 2016

3. Format Proposal

 

 

26 Agustus 2016

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah menyusun Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, untuk dijadikan salah satu pedoman dalam menyusun kurikulum. Berkaitan dengan hal tersebut bersama ini kami menghimbau kepada semua perguruan tinggi dan setiap jenis pendidikan tinggi baik akademik, vokasi dan profesi agar segera melakukan rekonstruksi kurikulum dan meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan SN-DIKTI.

Unduh

Surat edaran

Panduan

19 Agustus 2016

EURAXESS memberikan kesempatan untuk melaksanakan penelitian di Austria dengan kualifikasi sebagai berikut 

EURAXESS ASEAN Flashnote (Austria)

 

15 Agustus 2016

1. Bahan Sosialisasi Kebijakan Risbang UU Tentang Paten 2016, 22 halaman, 752 KB
2. Upaya Peningkatan Inovasi Dan Penghargaan Terhadap Inventor Dalam Perspektif Legislasi Paten Baru, 16 halaman 547 KB, Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham

Sumber :http://simlitabmas.ristekdikti.go.id

Dikutip dari Materi Rakor Balitnang dan LPPM di Solo, 9-10 Agustus 2016

08 Agustus 2016

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam komunikasi (tulis dan orasi/diskusi); berpikir kritis; berpikir analitis, kepercayaan diri, serta mampu menyerap dan memaknai nilai kultural universal (kejujuran, integritas, otonomi, kebaik-hatian, dsb), Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Tahun 2016 memberikan tawaran kepada perguruan tinggi untuk mengikuti Program Hibah General Education (PHGE). Program ini ditujukan kepada perguruan tinggi yang menyelenggarakan progam sarjana dengan akreditasi institusi perguruan tinggi minimal “B”.

3 (tiga) model pelaksanaan yang dapat diusulkan oleh perguruan tinggi untuk mengikuti program ini antara lain:

  1. Penguatan pelaksanaan General Education yang sudah berjalan.
  2. Mengembangkan pendekatan baru pada pelaksanaan General Education di perguruan tinggi.
  3. Mengintegrasikan pelaksanaan General Education dalam Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) dan mata kuliah lainnya.

 

Bagi perguruan tinggi yang berminat untuk mengikuti PHGE, dapat memilih salah 1 (satu) model pelaksanaan dan mengirimkan proposal paling lambat tanggal 17 Agustus 2016 (jadwal terlampir). Sistematika penulisan proposal dan ketentuan lainnya dapat merujuk pada panduan yang dapat diunduh melalui lamanhttp://belmawa.ristekdikti.go.id/.

 

Unduh :
1. Surat Edaran Direktur Pembelajaran

2. Pengayaan mata Kuliah Umum Melaluigeneral Education (Tawaran Pengembangan)

3. Panduan Program Hibah General Education-03082016

04 Agustus 2016

 

Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke-29 Tahun 2016 yang telah ditetapkan oleh Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 1319/B3.1/KM/2016 tanggal 29 Juli 2016 tentang Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 Tahun 2016 di Institut Pertanian Bogor, PIMNAS ke-29 Tahun 2016 akan diselenggarakan pada:

 

Hari/Tanggal               : Senin s.d Kamis, 08 s/d 11 Agustus 2016

Pembukaan                 : Senin, 08 Agustus 2016 Pukul 18.30 – 21.00 WIB

Tempat                        : Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga

 

Selanjutnya mohon kesediaan Saudara untuk menyampaikan kepada para mahasiswa peserta PIMNAS dari Perguruan Tinggi Saudara sebagaimana daftar terlampir untuk melakukan registrasi dengan ketentuan sebagai berikut:

1.     Melakukan registrasi online (verifikasi data personal peserta PIMNAS) dan mengunggah pasfoto berwarna maksimal 1 Mbyte mulai tanggal 02 s/d 05 Agustus 2016 melalui http://simlitabmas.dikti.go.id melalui operator masing-masing Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan.

2.     Mengunggah softcopy Artikel dalam format office-word (.doc atau .docx) yang siap untuk dipublikasikan dengan tata cara penulisan seperti terlampir dan softcopyposter dalam format JPG/JPEG/PNG, paling lambat tanggal 05 Agustus 2016 kehttp://simlitabmas.dikti.go.id dengan menggunakan user dan password Ketua Kelompok PKM (ukuran file maksimal 5 Mbyte).

3.     Melakukan registrasi ondesk  tanggal  08  Agustus  2016 pukul 08.00 – 13.00 WIB di Gedung CCR Kampus IPB Dramaga, dokumen yang harus dibawa pada saat registrasi sebagai berikut:

1.     Softfile powerpoint bahan presentasi

2.     Poster PKM yang akan dinilai

3.     Produk hasil kegiatan PKM

4.     Surat tugas dari perguruan tinggi yang bersangkutan

5.     Kartu mahasiswa

6.     SPPD PIMNAS (dapat diunduh pada website PIMNAShttp://simlitabmas.ristekdikti.go.id atau pimnas29.ipb.ac.id) yang sudah ditandatangani pejabat Perguruan Tinggi yg bersangkutan

7.     Fotokopi tiket pulang pergi dan boarding-pass bagi yang menggunakan transportasi udara

4.     Menghadiri technical meeting dengan tim juri tanggal 08 Agustus 2016 pukul 15.00 – 17.00 WIB di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga.

5.     Menghadiri acara pembukaan pada tanggal 08 Agustus 2016 pukul 18.30 – 21.00 WIB di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga.

6.     Masing-masing Perguruan Tinggi peserta PIMNAS membawa bendera (Pataka) Perguruan Tinggi. Peserta PIMNAS mendapat bantuan transportasi, konsumsi dan akomodasi bagi setiap tim maksimal 5 orang (PKM 5 Bidang dan PKM-KT).

      

Undangan Peserta Terlampir

03 Agustus 2016

Yth

:

1.   Pimpinan Perguruan Tinggi;

   

2.   Koordinator Kopertis Wilayah I s.d XIV

 

Dalam rangka memperoleh data Nasional yang akurat mengenai situasi hubungan pendidikan tinggi dan dunia kerja dan sistem pengembangan pusat karir perguruan tinggi khususnyaTracer Study, dengan ini kami sampaikan beberapa hal:

1.   Pusat Karir dan Tracer Study dilaksanakan pada tingkat perguruan tinggi untuk menjamin bahwa desain, metodologi, dan kuesioner yang digunakan terstandar sehingga memungkinkan kompilasi dan komparasi data antar fakultas/program studi/departemen dalam perguruan tinggi tersebut ditingkat Nasional.

2.     Tracer Study yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi seperti dimaksud pada poin 1 di atas merujuk pada standar desain dan metodologi yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), sebagai berikut:

1.    Tracer Study harus ditargetkan pada seluruh populasi dan bukan pada kelompok sampel yang sudah dipilih sebelumnya. Populasi target pada pelaksanaan Tracer Study tahun berjalan adalah seluruh lulusan yang menjadi anggota kohort lulusan (2) dua tahun sebelumnya (kohort lulusan bukan kohort angkatan masuk);

2.  Tracer Study yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi wajib mencakup seluruh pertanyaan inti Tracer Study Online Ditjen Belmawa. Walaupun demikian perguruan tinggi dapat menambahkan pertanyaan sesuai dengan kepentingan tetapi tidak diperkenankan mengurangi atau mengubah pertanyaan inti dari Ditjen Belmawa. Hal ini adalah untuk menjamin standarisasi instrumen untuk kepentingan kompilasi dan komparasi data Nasional;

3.     Perguruan tinggi pemenang bantuan pengembangan pusat karir dan pusat karir lanjutan Ditjen Belmawa wajib mengunggah hasil Tracer Study di situs yang telah disediakan (http://pkts.belmawa.ristekdikti.go.id) sesuai dengan batas waktu pelaporan yang tercantum dalam surat kontrak hibah;

4.    Perguruan tinggi lain yang tidak mendapatkan bantuan juga melaksanakanTracer Study dengan metode yang sama dan mengunggah hasil Tracer Studypada situs tersebut. Hal ini untuk memperkaya dan memperkuat data Nasional dalam variabel dan indikator pendidikan tinggi, khususnya terkait transisi dan situasi kerja lulusan perguruan tinggi.

1.     Perguruan tinggi agar melaksanakan Tracer Study secara reguler setiap tahun guna memenuhi kebutuhan data akreditasi, data Tracer Study juga agar disosialisasikan dan digunakan untuk pengembangan kurikulum dan perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi; dan

2.     Tanpa bermaksud menyeragamkan atau mengurangi otonomi perguruan tinggi, kompilasi data Nasional yang akurat akan sangat diperlukan untuk pengambilan kebijakan terkait pendidikan tinggi ditingkat Nasional.

         Demikian surat edaran ini untuk dipedomani dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih

Tanggal 26 Juli 2016
Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan,

ttd
Intan Ahmad
NIP 195805011986011001

Tembusan:

·         Sekretaris Jenderal, Kemristekdikti.

 

Lampiran :

Surat Edaran Penyelarasan

Agenda Kegiatan

No events