09 Juni 2016

Pelayanan PDDikti Ditjen Kelembagaan

Unduh

09 Juni 2016

Keterkaitan, Permasalahan dan Kebijakan ke Depan Akreditasi dengan PD-Dikti

Silahkan Unduh

Sumber

http://forlap.dikti.go.id/

16 Mei 2016

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti akan melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) dengan tujuan untuk membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa, meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas perguruan tinggi dan lintas budaya, serta memberi kesempatan mahasiswa mengambil perkuliahan di perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dan kekhasan keilmuan tertentu dengan bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Program PERMATA telah berjalan sejak tahun 2014 dengan kuota mahasiswa yang terus ditingkatkan setiap tahunnya. Berkenaan dengan hal itu, untuk tahun anggaran 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mengalokasikan anggaran untuk 600 (enam ratus) orang mahasiswa PTN dan PTS seluruh Indonesia untuk mengikuti program PERMATA.

 

Pendaftaran online dan pengusulan proposal melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/permata/ 

atau email ke Sdr. Septian:Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Sdri. Tsania: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau via pos ke alamat Ditjen Belmawa Kemristekdikti, Gedung D Lantai 7,

Jalan Pintu 1 Senayan Jakarta 10270, paling lambat 1 Juni 2016.

 

Untuk proses seleksi mahasiswa calon peserta masing-masing perguruan tinggi dapat mengikuti petunjuk teknis seleksi akan dijelaskan dalam POB program PERMATA (terlampir).

 

Lampiran

Surat Edaran ke Pimpinan Perguruan Tinggi

Pedoman Permata 2016

 

 

12 Mei 2016

 

 

Merujuk perihal pokok Nota Dinas, bersama ini disampaikan hal-hal sebagi berikut:

 

Untuk mendapatkan Surat Izin Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) dari Presiden RI melalui Sekretariat Negara, pemohon izin PDLN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti)  memerlukan surat pengantar dari Menteri atau pejabat yang ditunjuk. Pemohon izin PDLN di lingkungan Kemristekdikti terdiri dari Pejabat dan staf internal Kemristekdikti, Pejabat dan staf Kopertis di seluruh Indonesia, Pejabat, staf, dosen dan mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia.

 

Persetujuan pemberian surat pengantar izin PDLN selama ini dilakukan oleh:

 

a.  Sekretaris Jenderal, jika pemohon adalah pejabat/ staf internal Kemristekdikti, pejabat Rektor/ Wakil Rektor Perguruan Tinggi dan Pejabat/ staf Kopertis;

 

b.  Direktur Jenderal Sumber Daya Iptekdikti (SDID) melalui Sesditjen SDID, jika pemohon adalah dosen Perguruan Tinggi dan tenaga kependidikan; dan

 

c.   Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melalui Sesditjen Belmawa, jika pemohon adalah mahasiswa.

 

d.   Selanjutnya layanan administrasi Surat Pengantar izin PDLN dilakukan oleh Sekretariat Jenderal melalui Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik (BKKP).

 

Proses yang telah berjalan tersebut menyebabkan panjangnya birokasi layanan dan dipandang tidak efisien. 

 

BKKP berpendapat perlunya perbaikan mekanisme layanan administrasi izin PDLN di lingkungan Kemristekdikti agar proses administrasi berjalan lebih efektif, cepat, selektif dan efisien.

 

Selanjutnya BKKP melakukan koordinasi dengan seluruh Direktorat Jenderal melalui tiap-tiap Sesditjen untuk membahas rancangan Standard Operational Procedure (SOP) layanan administrasi izin PDLN di Lingkungan Kemristekdikti.

 

Sehubungan dengan hasil pembahasan dan kesepakatan dengan seluruh Setditjen tersebut, terlampir kami sampaikan SOP layanan administrasi izin PDLN di Lingkungan Kemristekdikti beserta data pendukungnya sebagaimana dapat di unduh pada link berikut ini :

 

 Nodin-SK Penetapan Standar Palayanan Administrasi Izin PDLN

 

Demikian yang dapat kami sampaikan atas kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

 

 

 

 Ttd

 

Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

 

 

06 April 2016

Bersama ini kami informasikan bahwa Masyarakat Biosiversitas Indonesia (MBI) bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan:

 

Kegiatan

:

Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia

Hari,   tanggal

:

Sabtu, 23 April 2015

Pukul

:

08.00-16.00 WIB

Tempat

:

GRAND INNA MUARA HOTEL PADANG, Jl. Gereja No. 34, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Tel.: +62-751-35600. 

Tema

:

Revitalisasi Produksi Komoditas Pertanian: Upaya Menjamin Kedaulatan Pangan dan Menjaga Ketersediaan Bahan Baku Industri

 

Naskah terseleksi dari kegiatan ini akan diterbitkan pada jurnal Biodiversitas (terindeks Scopus), Nusantara Bioscience (terindeks Web of Science), dan Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (ISSN: 2407-8050). Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan tersebut dapat diperiksa pada tautan berikut : http://biosains.mipa.uns.ac.id/S/2016/padang/home.html .

 

Dalam kesempatan ini, biaya kesertaan untuk pemakalah dosen dan mahasiswa Universitas Andalas telah dipenuhi oleh Masyarakat Biodiversitas Indonesia, sehingga tidak dikenakan biaya (gratis). Untuk selanjutnya mohon perkenan Bapak kiranya dapat mengundang sivitas akademika di lingkungan Unand untuk berpartisipasi sebagai pemakalah pada kegiatan tersebut

04 April 2016

Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi telah mengembangkan Program SAME (Scheme for Academic Mobility and Exchange) BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Program ini merupakan program pengiriman dosen ke berbagai perguruan tinggi luar negeri yang bertugas khusus dalam misi kebangsaan sebagai pengajar bahasa, seni, atau budaya Indonesia atas permintaan dari Kedutaan Besar Repulik Indonesia di luar negeri. Program ini juga menawarkan kepada perguruan tinggi yang sudah memiliki kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri termasuk untuk mengirim dosen BIPA mengajar di negara mitra.

Bagi perguruan tinggi yang dosennya berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut kami mohon untuk segera mengisi form SAME BIPA dan melengkapi berkas permohonan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Pedoman Penyelenggaraan Program SAME BIPA Tahun 2016 yang dapat diunduh di laman sdid.dikti.go.id.

 

Unduh

Surat penawaran SAME BIPA 2016

  Pedoman same bipa

 FORM A SAME BIPA

 

23 Maret 2016

Dalam rangka meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi menawarkan Program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME). Program ini antara lain meliputi kegiatan pengiriman dosen professor atau dosen S3 (senior) ke perguruan tinggi/institusi penelitian di luar negeri dan mendatangkan dosen/peneliti ke perguruan tinggi dalam negeri. Program ini antara lain bertujuan memfasilitasi dosen untuk mengembangkan penelitian dan publikasi di jurnal internasional, memperbaharui bahan ajar dan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan internasional. Prinsip dasar kegiatan ini adalah kesetaraan, kemitraan dan berkesinambungan dalam kerja sama international.

Bagi perguruan tinggi yang dosennya berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut kami mohon untuk segera mengisi form SAME dan melengkapi berkas permohonan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Pedoman Penyelenggaraan Program SAME Tahun 2016. Seluruh dokumen tersebut agar dikirim ke Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Gedung D, Senayan, Jakarta, selambat-lambatnya pada tanggal 29 April 2016.

Unduh

1. Surat penawaran program SAME 2016

2. Pedoman SAME 2016

3. FORM SAME A

4. FORM SAME B

04 April 2016

Wisuda II Tahun 2016