10 Februari 2017

Universitas Pertahanan (Unhan) yang berkedudukan di bawah Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, membuka kesempatan kepada seluruh personel TNI/Polri/Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian/Lembaga/Pemda/BUMN, LSM Swasta dan Perusahaan. Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan memberikan tawaran Beasiswa Pascasrjana (S2) Bidang Pertahanan

Unduh :

Persyaratan dan Program Studi

 

 

07 Februari 2017

Pemerintah Republik Korea melalui kantor perwakilan KOICA di Indonesia menyampaikan tawaran beasiswa untuk mengikuti pendidikan Master di Republik Korea. Adapun biaya sehubungan dengan keikutsertaan program tersebut ditanggung oleh Pemerintah Republik Korea/KOICA, termasuk biaya pendidikan, tiket penerbangan internasional pulang-pergi, akomodasi, uang saku, study visit, asuransi dan biaya buku.

Kelengkapan berkas calon peserta dapat disampaikan paling lambat 2 (dua) minggu sebelum masing-masing jadwal kegiatan dimulai dengan melampirkan kelengkapan sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup dalam Bahasa
  2. Formulir pencalonan rangkap 2 (dua) diisi lengkap dan diketik rapi serta disetujui oleh pejabat yang berwenang dengan dilengkapi 3 (tiga) buah foto berwarna ukuran 4×6 cm.
  3. Medical report yang ditandatangani oleh dokter yang berwenang.
  4. Mampu berkomunikasi dan menulis dalam bahasa inggris yang dibuktikan dengan hasil nilai tes TOEFL/EILTS.
  5. Tidak sedang melakukan pendaftaran atau mengikuti pendaftaran untuk program beasiswa

Berkas lengkap disampaikan dalam bentuk hard copy kepada Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang beralamat di Gedung II BPPT Lantai 18, Jl. M.H. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat, telp: (021) 316 9684, dan soft copy dalam bentuk pdf disampaikan ke alamat email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dengan cc Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

* Dibawah ini list dari Universitas tersebut beserta link untuk mendowload dokumen-dokumen yang diperlukan:

  1. Hankyong National University: Integreted Chemical and Environmental Technology

http://www.mediafire.com/file/n4r7ybd4ndd49rd/2017_KOICA-HKNU_Program_Information_Application.zip

  1. Handong Uni: Techo-Entrepreneurship Competency based on EE&ICT Convergence: ICT Convergence atau Electrical Engineering

http://www.mediafire.com/file/j74m2mxlzx67k8v/2017_KOICA-HGU_Program_Information_Application.zip

  1. Hankuk Uni: Atmospheric Environment

http://www.mediafire.com/file/d11i1dgwmmyzi7b/2017_KOICA-HUFS_Program_Information_Application.zip

  1. KAIST: Finance

http://www.mediafire.com/file/vslw5w8j5axca9d/2017_KOICA-KAIST_Program_Information_Application.zip

  1. Konkuk Uni: Agricultural Processing and Marketing

 

http://www.mediafire.com/file/c6d2pidm7p0cdih/2017_KOICA-KU_Program_Information_Application.zip

07 Februari 2017

Pemerintah Indonesia bersama dengan Pemerintah Prancis kembali meluncurkan Program NUSANTARA 2017. NUSANTARA merupakan program pendanaan penelitian bersama antara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia dan Kementerian Luar Negeri dan Perkembangan Internasional Prancis. Program ini mendukung seluruh proyek penelitian yang diusulkan oleh pusat-pusat penelitian. Proyek penelitian yang dapat diajukan mencakup berbagai bidang penelitian seperti: teknologi pangan, energi, kesehatan, kelautan, teknologi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, ilmu sosial, perubahan iklim, dan penanggulangan bencana. Pengusulan proposal penelitian ini terbuka bagi seluruh universitas, institusi penelitian sektor publik, dan perusahaan swasta.

Pendanaan penelitian terbagi dalam dua skema yaitu:

  • Research schemeprogram ini akan mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup bahan baku kecil dan bahan habis pakai atau analisis. Pendanaan ini berlaku KHUSUS bagi penelitian yang dilakukan di dalam wilayah Indonesia (batas maksimum adalah 200 juta rupiah untuk setiap proyek, per tahun)

Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (RISBANG), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 4 Jl.Jend.Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan, Jakarta 10270

Mobility scheme. skema ini mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup perjalanan internasional dan biaya hidup selama jangka waktu penelitian. Pemerintah Prancis akan mendanai misi kunjungan periode singkat (travel and living allowances), baik itu di Prancis atau di Indonesia, dan Pemerintah Indonesia akan mendanai misi kunjungan berjangka waktu 2 – 3 minggu di Prancis (training, course) atau di Indonesia (visiting professor). Alokasi pendanaan proyek akan diputuskan oleh panitia seleksi gabungan.

Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI (SDID), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 5 Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan, Jakarta 10270

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengumpulkan formulir aplikasi NUSANTARA dan Curriculum Vitae (CV) dalam bentuk hard copies, dimasukkan lengkap dalam amplop bertuliskan “PROGRAM NUSANTARA 2017”.

Informasi lengkap mengenai seleksi dan formulir pendaftaran dapat melihat Attachfile berikut

 

01 Februari 2017

Queensland University of Technology (QUT) memberikan sejumlah beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang studi S3 di Australia. Beasiswa ini mencakupi biaya pendidikan, biaya hidup, dan asuransi bagi para penerima beasiswa. Pendaftar untuk beasiswa QUT diperpanjang sampai tanggal 28 Februari 2017.

 

Unduhan : Panduan pendaftaran beasiswa QUT

31 Januari 2017

Salah satu program beasiswa yang diberikan pemerintah Belanda yakni StuNed (Studeren in Nederland). Beasiswa ini untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Belanda ke jenjang Master ataupun Short Course

Info Lebih lanjut :

Skema 2017 - 2018

Stuned Master

31 Januari 2017

Program Risktekdikti-KU (full beasiswa S3 untuk intake 1 Oktober 2017)

Kami delegasi dari Kanazawa University bermaksud melakukan kunjungan dan juga memberi kesempatan bagi para dosen atau calon dosen yang berencana melanjutkan ke jenjang doktoral (S3). Surat resmi berupa Request Meeting Letter dari Wakil Rektor Kanazawa University, kami lampirkan juga pada attachment email ini.

Rencana kunjungannya adalah sbb:

Senin 30 Jan 2017
10.00-12.00 UI  (University of Indonesia)
14.00-16.00 UNJ (Jakarta state of University)

Selasa 31 Jan 2017
9.00-11.00 IPB (Bogor Agriculture University)

Rabu 1 Feb 2017
9.00-11.00 UPI (Indonesia Education University)
14.00-16.00 UNPAD (Padjadjaran University)

Kamis 2 Feb 2017
10.00-12.00 UGM (Gadjah Mada University)

Adapun delegasi kami ada 5 orang:

Prof. Munehito Machida (Faculty of Medicine),
Prof. Shigeo Tanaka (Faculty of Mechanical Science)
Dr. Acep Purqon (Kanazawa University International Exchange Senior Adviser)
Ms. Maiko Kawanishi (Staff of Global Affairs Support Office)
Mr. Kahou Yamagishi (Staff of Global Affairs Support Office)

Untuk mengikuti seleksi program ini silahkan mengawali dengan mengisi web online berikut : http://www.adm.kanazawa-u.ac.jp/ie/e/abroad/kudikti.html

MENGISI APLIKASI SBB: http://kurt.kanazawa-u.ac.jp/form_sys/index.php?key=583e41a9613ae 

 

31 Januari 2017

Sehubungan dengan penyelesaian studi karyasiswa BPP-LN jenjang S3 angkatan 2013-2014, disampaikan bahwa Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi membuka pendaftaran usulan perpanjangan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) tahap 1 tahun 2017.

Karyasiswa BPP-LN angkatan 2013 dan 2014 yang akan mengajukan perpanjangan BPP-LN dapat mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan Pedoman Perpanjangan BPP-LN 2017 terlampir ke laman studi.ristekdikti.go.id dengan menggunakan akun masing-masing pada menu administrasi (perpanjangan studi).

Dokumen pengajuan perpanjangan BPP-LN yang akan dievaluasi adalah dokumen yang diajukan secara daring (online) pada laman dan periode tersebut di atas. Bagi karyasiswa yang telah mengajukan perpanjangan dengan menyerahkan dokumen (hardcopy) ke Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti dan tidak pada jadwal yang telah ditetapkan, agar mengajukan kembali sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Unduh

Surat Penawaran Perpanjangan BPPLN Tahap I 2017

Panduan Eksistensi BPPLN 2017

 

31 Januari 2017

Program kerjasama Indonesia dan Austria melalui Direktorat Kualifikasi Sumber Daya membuka pendaftaran beasiswa Indonesia-Austria Scholarship programme (IASP). Program beasiswa ini diperuntukan untuk dosen bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di lingkungan KEMRISTEKDIKTI yang akan melanjutkan studi ke jenjang S3 di Austria

Unduhan : Pendaftaran Beasiswa IASP 2017

 

 

24 Januari 2017

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, 021/F/Kp/XII/2016 tanggal 22 Desember 2016 tentang Pedoman Perusahaan Pemula BerbasisTeknologi dari Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2017, bersama ini kami sampaikan ada beberapa perbaikan yang tidak merubah substansi tapi belum memenuhi sistematika penulisan, dengan perbaikan sbb :

No

Awal

Perubahan

Halaman

1

Bab VIII. Jadwal Pelaksanaan Program

Tabel Jadwal

Point :

No. 5.  Seleksi Presentasi  Substansi dan Wawancara

 

No. 8.  Revisi RAB dan mengirimkan 3 (tiga) rangkap hardcopy proposal, cover warna coklat

Bab VIII. Jadwal Pelaksanaan Program

Point :

Tabel Jadwal

 

No. 5.  Seleksi Presentasi  Substansi dan Wawancara (peserta wajib membawa proposal hardcopy sebanyak 2 eksemplar dijilid rapi cover warna coklat).

 

No. 8.  Revisi RAB

Bab VIII. Jadwal Pelaksanaan Program

Hal 11

2

Bab IX. Cara Pendaftaran Proposal

Inkubator PTN atau PTS mengusulkan calon tenan dengan mengisi aplikasi secara on-line dan mengirimkan hardcopy proposal sebanyak 2(dua) rangkap serta kelengkapannya kepada penyelenggara Program setelah Tim Jurimelakukan Fact Finding.

Bab IX. Cara Pendaftaran Proposal

Inkubator PTN atau PTS mengusulkan calon tenan dengan mengisi aplikasi secara on-line dan mengunggah softcopy proposal paling lambat tanggal 3 FEBRUARI 2017 PUKUL 15.00 WIB.

Hardcopy proposal dibawa sebanyak 2 (dua) eksemplar (dijilid rapi cover warna coklat) diserahkan ke sekretariat program PPBT PT pada saat mengikuti tahap seleksi presentasi substansi dan wawancara.

Bab IX. Cara Pendaftaran Proposal

Hal. 12

3

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Administrasi

Seleksi substansi dapat meliputi

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Substansi

Seleksi substansi merupakan substansi proposal dapat meliputi :

Bab X. Seleksi Proposal, B. Mekanisme Seleksi  Hal 13

4

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Substansi

Bab X. Seleksi Proposal – Point B. Mekanisme Seleksi

Seleksi Presentasi Substansi & Wawancara

Bab X. Seleksi Proposal, B. MekanismeSeleksi  Hal 13

5

Bab XV. Format Penyusunan Proposal (dalam panduan penyusunan proposal – Bab IX. Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA))

Point 4. Belum Ada

Bab XV. Format Penyusunan Proposal (dalam panduan penyusunan proposal – Bab IX. Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA))

4. Yang disampaikan di proposal adalah : 1)Rekapitulasi anggaran yang dibutuhkan Tenant, 2)  Rekapitulasi anggaran yang dibutuhkan Inkubator ; sedangkan rincian RKA di pegang oleh Inkubator dan Tenant

Perubahan pada Rekapitulasi Anggaran Tenant – ditambah point No. 4

Bab XV. Format Penyusunan Proposal (dalam panduan penyusunan proposal – Bab IX. Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA))

 

Perbaikan Buku Pedoman Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi PerguruanTinggi Tahun Anggaran 2017

 

Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi
Gedung II BPPT, Lantai 21, Jl. MH.Thamrin No. 8, Jakarta 10340.
Telp. (021) 3149796 ;  Faks. (021) 310-1952

Website: ppbt.ristekdikti.go.id/pt



20 Januari 2017

Berdasarkan surat keputusan Dewan Pengurus AMINEF dengan ini kami memberitahuakan bahwa tanggal terakhir pendaftaran beasiswa Fulbright bekerjasama dengan dikti (DIKTI-funded Fulbright) untuk tenaga pengajar tetap atau dosen tetap di tingkat S3 akan berubah dari 15 April menjadi 15 Februari. Perubahan ini berlaku mulai tahun 2017 sampai seterusnya

1. Surat Keputusan AMINEF

2. Surat Penawaran Beasiswa DIKTI-funded Fulbright

3. Pendaftaran Beasiswa DIKTI-funded Fulbright

4. Pendaftaran Di Dikti