Selamat kepada para pelamar BUDI LN (Luar Negeri) yang lolos seleksi wawancara. Bagi pelamar yang lolos seleksi, harap melengkapi lampiran permohonan keberangkatan ke luar negeri. Berikut beberapa file yang dapat diunduh :
Daftar Nama Pelamar BUDI yang lolos wawancara
Lampiran Permohonan Keberangkatan Ke luar negeri
Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terimakasih.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) kembali membuka kesempatan kepada dosen untuk melanjutkan pendidikan jenjang doktor atau S-3 keluar negeri melalui Beasiswa Untuk Dosen Indonesia (BUDI LN).
“Dalam waktu satu pekan ke depan, kami membuka kesempatan untuk dosen-dosen mendaftar Program BUDI LN,” ujar Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemristekdikti, Ali Ghufron Mukti di Jakarta, Rabu (20/7). Pihaknya kembali membuka kesempatan tersebut, setelah sebelumnya mengumumkan sebanyak 168 penerima beasiswa BUDI LN.
Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi dosen-dosen baik yang mengajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) asalkan telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan Nomor Induk Khusus (NIDK). Mereka dipersilakan mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut.
“Pada tahun ini, kuota untuk BUDI LN sebanyak 300 beasiswa. Namun, dari hasil seleksi kuota tersebut tidak terpenuhi. Beberapa penyebabnya karena tidak memenuhi syarat dan ada juga pelamar yang sudah mendapatkan beasiswa dari sponsor lain,” ucap dia.
Kuota BUDI LN untuk tahap kedua yakni 130 beasiswa luar negeri. Pelamar boleh mengajukan belajar di universitas ternama dunia. Tahapan seleksi untuk BUDI LN, lanjut Ghufron, tidaklah terlalu sulit yakni seleksi administrasi dan wawancara.
Meskipun demikian, Kemristekdikti mensyaratkan bahwa calon dosen haruslah cakap dalam kemampuan Bahasa Inggris. Beasiswa BUDI bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di pendidikan tinggi. Salah satu permasalahannya adalah ada sekitar 59.000 dosen yang masih bergelar sarjana. Padahal idealnya menurut UU Guru dan Dosen, 10 tahun setelah disahkan maka tidak ada lagi dosen yang bergelar sarjana.
Beasiswa yang merupakan kerja sama Kemristekdikti dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) itu terdiri atas beasiswa dalam negeri dan luar negeri. “Pada tahun ini, kami memang tidak mengalokasikan dana untuk beasiswa dosen karena pemotongan anggaran di kementerian. Oleh karena itu kami menjalin kerja sama dengan LPDP untuk pembiayaannya,” kata Ghufron.
Beasiswa itu diluncurkan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016. Kuota beasiswa yang dialokasikan yakni 2.000 beasiswa untuk dalam negeri dan 300 beasiswa untuk luar negeri. Khusus untuk luar negeri, merupakan beasiswa program doktor atau S-3.
Fakultas kedokteran Rumah Sakit Siriraj, Mahidol University menawarkan beasiswa parsial kursus singkat selama 1 – 3 bulan di Fakultas Kedokteran Mahidol University Bangkok, Thailand. Informasi mengenai jenis dan lama kursus serta cakupan beasiswa yang diberikan dapat di download melalui link berikut
JAKARTA, suaramerdeka.com Guna meningkatkan kualitas para dosen serta meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara keseluruhan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan melakukan sejumlah terobosan, salah satunya adalah program dosen magang.
Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Ali Ghufron Mukti mengatakan, bahwa program tersebut bertujuan untuk menciptakan akselerasi percepatan kompetensi dosen muda khususnya dari perguruan tinggi baru, dengan menggali pengalaman dari para dosen berkualitas di perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.
“Supaya dosen-dosen baru yang berasal dari PTN-PTN baru, kita magangkan di PTN-PTN yang masuk dalam klaster satu atau PTNBH,” ujar Ghufron.
Dikatakan, ini pihaknya tengah melakukan seleksi terhadap para dosen yang berminat untuk mengikuti program tersebut. Pasalnya untuk tahun ini, pemerintah hanya menyediakan kuota sebanyak 50 orang dosen.
“Peserta yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 325 dosen, sedangkan kuota hanya sebanyak 50 orang. Saat ini masih sangat terbatas,” paparnya.
Selain itu, upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi baru juga dilakukan dengan model mobilisasi dosen-dosen senior dan berpengalaman. Diharapkan para dosen yang dinilai memiliki kualifikasi serta kompetensi tersebut juga memberikan pengajaran dalam batas waktu tertentu di perguruan tinggi baru.
“Moblisasi dosen berkualitas dan memiliki mutu profesionalisme yang baik itu dapat membantu perkembangan kualitas dosen,” jelasnya.
Dengan demikian, akan tercipta peningkatan dan penguatan institusi pada PTN yang masih baru. “Mobilisasi dosen ini telah menjaring sekitar 43 dosen peserta program,” imbuh Ghufron.
Kesempatan beasiswa King Abdullah University of Science and Technology info lebih lanjut
Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) akan menyelenggarakan Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam bentuk pengembangan kurikulum sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembelajaran, Ditjen Belmawa menawarkan Program Hibah Kurikulum Revitalisasi kepada perguruan tinggi dengan akreditasi semua program studi minimal B. Masing-masing perguruan tinggi hanya dapat mengajukan 1 (satu) proposal
Dokumen yang dikirim harus dipenuhi dan disiapkan dalam pengajuan proposal Program Hibah Kurikulum Revitalisasi LPTK adalah sebagai berikut:
1. Surat permohonan kepada Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.
2. Proposal Program Hibah Kurikulum Revitalisasi LPTK rangkap 2 (dua)yang memuat:
a. Pengembangkan Kurikulum yang dilaksanakan pada tahun 2016 paling lama 4 bulan sejak penanda tanganan kontrak;
b. Kurikulum yang menjamin pengembangan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student-Centered Learning) yang tercermin di dalam contoh Rencana Pembelajaran Semester (RPS).
Kepada perguruan tinggi yang berminat dapat mengirimkan dokumen pengajuan proposal paling lambat pada hari Senin tanggal 13 Juli 2016 cap pos, softcopy dapat dikirimkan ke email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. subject: Revitalisasi LPTK, sedangkan hardcopy dapat dikirim kepada:
Direktorat Pembelajaran
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Gedung D- Lantai 7, Jln. Jenderal Sudirman Pintu 1 Senayan
Jakarta 10270
Lampiran :
Tawaran Hibah Revitalisasi LPTK
Panduan Hibah Revitaliasasi LPTK
The Indonesian Science Fund (Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia, DIPI) has recently been established under the auspices of the Indonesian Academy of Sciences (AIPI). This 2016 Research Call aims to provide grants for research in the following two focus areas:
· life, health, and nutrition
· identity, diversity, and culture
Competitive research grants of up to three years and IDR 1.5b/year will be offered for researchers from Indonesia to pursue high-quality scientific research projects. The funder aims to support fundamental, frontier, and excellent research in the above two focus areas of importance to Indonesia’s future. For this 2016 Research Call, Principal Investigators applying for the grants are required to be of Indonesian nationality and based in Indonesia. Domestic and international collaborations between researchers and their institutions are encouraged, as are interdisciplinary projects, but neither is a requirement. The expected results of the research must be eligible for publication in highly reputable scientific journal.
The Principal Investigator should demonstrate the ground-breaking nature, ambition and feasibility of his or her scientific proposal. Proposals of an interdisciplinary nature — which cross the boundaries between different fields of research, pioneering proposals addressing new and emerging fields of research, or proposals introducing unconventional, innovative approaches and scientific inventions — are encouraged. The procedure for evaluating applicants’ qualifications will emphasize the individual’s scientific ability and creativity, the innovativeness of the research approaches, and the potential of the project, if successful, to have a significant impact on the field.
1. The research focus areas related to life, health, and nutrition sciences include, but are not limited to, those biological issues described in Cluster 3 of the publication SAINS45.
2. The research focus areas related to identity, diversity, and culture include, but are not limited to, those social science issues described in Cluster 1 of the publication SAINS45.
Other focus areas addressed in SAINS45 will not be supported in this call, being reserved for funding in subsequent years. The entire SAINS45 publication can be accessed athttp://www.dipi.id/en/SAINS45.
Research grants of up to 3 years and up to IDR 1.5b/year will be awarded. All projects that receive funding must be completed by December 31, 2019. Online proposal submission begins May 15, 2016. The deadline for proposal submission is July 31, 2016, at 11:59 PM WIB.
For more information, please email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Yth. Rektor/Direktur Perguruan Tinggi Negeri
Di
Tempat
Dengan hormat, bersama ini diberitahukan bahwa sesuai dengan program kerja dan rencana strategis tahun 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti akan melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) dengan tujuan untuk membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa, meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas perguruan tinggi dan lintas budaya, serta memberi kesempatan mahasiswa mengambil perkuliahan di perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dan kekhasan keilmuan tertentu dengan bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa yang bersangkutan.
Program PERMATA telah berjalan sejak tahun 2014 dengan kuota mahasiswa yang terus ditingkatkan setiap tahunnya. Berkenaan dengan hal itu, untuk tahun anggaran 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mengalokasikan anggaran untuk 600 (enam ratus) orang mahasiswa PTN dan PTS seluruh Indonesia untuk mengikuti program PERMATA.
Oleh karena itu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti dengan hormat mengundang seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program PERMATA dengan mendaftar dan mengirimkan proposal singkat yang berisi usulan biodata nama-nama mahasiswa peserta, program studi dan daftar mata kuliah serta penunjukan satu orang koordinator program PERMATA untuk masing-masing perguruan tinggi. Pendaftaran online dan pengusulan proposal melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/permata/ atau email ke Sdr. Septian: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Sdri. Tsania: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau via pos ke alamat Ditjen Belmawa Kemristekdikti, Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan Jakarta 10270.
Sehubungan dengan masih adanya Perguruan Tinggi yang belum menerima surat kami nomor : 389/B2/LL/2016 tanggal 11 Mei 2016 perihal surat edaran program PERMATA tahun 2016, dengan ini kami sampaikan, bahwa kami memperpanjang pendaftaran dan pengusulan proposal sampai dengan tanggal 15 Juni 2016. Untuk proses seleksi mahasiswa calon peserta masing-masing perguruan tinggi dapat mengikuti petunjuk teknis seleksi program PERMATA (terlampir).
Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
Direktur Pembelajaran
ttd
Paristiyanti Nurwardani
NIP. 196305071990022001
Tembusan:
1. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
2. Sekretaris Ditjen Belmawa
3. Wakil Rektor/Direktur bidang Akademik
4. Wakil Rektor/Direktur bidang Kerjasama
Lampiran :
Perpanjangan Surat Edaran Permata 2016_PTN
Pedoman Permata 2016
Formulir Perata 1
Formulir Permata 2
Yth.
Bapak/Ibu/Saudara
Merujuk kepada surat Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri No.: AMB. DAK. 5210.02.2016, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
Demikian disampaikan, atas perhatian yang diberikan kami ucapkan terima kasih.
Jakarta, 8 Juni 2016
TTD
Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Informasi selengkapnya: The Ignacy Lukasiewicz Scholarship Programme
Persyaratan Umum
1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.
2. Diterima di salah satu program short course yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi terakhir,dibuktikan dengan: fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
5. Persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68, atau IELTS minimal 5.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun sejak tanggal tes. (Pengecualian diberikan kepada pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran).
8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
9. Tidak ada batas umur.
1 September 2016, untuk program studi dengan intake antara Januari - Juni 2017.
Formulir aplikasi dan formulir CV dapat diunduh di halaman ini.