07 Januari 2019

Dengan hormat diberitahukan bahwa Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan c.q. Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Tahun 2019 akan melaksanakan program Insentif Artikel Terbit pada Jurnal Internasional, yaitu memberikan insentif bagi para dosen/peneliti perguruan tinggi yang berhasil mempublikasikan artikel ilmiahnya dalam Jurnal internasional bereputasi. Program ini dimaksudkan untuk mendorong dan meningkatkan gairah para dosen/peneliti untuk mempublikasikan artikel ilmiah dalam Jurnal internasional bereputasi sehingga terjadi peningkatan komunikasi ilmiah antar peneliti di kancah Internasional. Perlu kami sampaikan bahwa sesuai ketentuan pada Panduan Pengusulan Insentif Artikel Pada Jurnal Internasional tahun 2019, penyampaian usulan proposal Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual (Dit.Pengelolaan KI) dilakukan secara online melalui SIM-LITABMAS dengan alamat: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/insentif_artikel. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon Saudara berkenan menginformasikan program dimaksud kepada dosen/peneliti di lingkungan perguruan tinggi Saudara, kepada Kepala LLDIKTI agar dapat meneruskan informasi tersebut kepada pimpinan perguruan tinggi di wilayah kerja Saudara, dan kepada pimpinan perguruan tinggi negeri serta perguruan tinggi swasta dimohon dapat menyebarluaskan kepada para dosen di lingkungan perguruan tinggi Saudara untuk segera menyampaikan usulannya. Adapun ketentuan Pengajuan Proposal sebagai berikut:

1.    Untuk pendaftaran, pengusul yang telah memiliki username dan password untuk bisa langsung mendaftarkan usulannya melalui SIM-LITABMAS dan pengusul yang belum memiliki username dan password SIM-LITABMAS dapat menghubungi operator LP/LPPM Perguruan Tinggi dimana Pengusul bekerja . Persyaratan dan Tata Cara pengusulan dapat dilihat di Panduan Pengajuan Proposal Insentif Artikel pada Jurnal Internasional tahun 2019 yang telah diunggah pada Simlitabmas.

2.    Pendaftaran pengusul sudah dapat dilaksanakan sejak diterbitkannya surat ini s.d. 31 Januari 2019 3. Pengumuman Penerima Insentif Artikel pada Jurnal Internasional tahun 2019, dapat dilihat melalui SIM-LITABMAS.

Atas perhatian dan kerja sama yang dilimpahkan kami mengucapkan terima kasih.

Surat Edaran Insentif Artikel Terbit Pada Jurnal Internasional, Unduh

Panduan Insentif Artikel Terbit pada Jurnal Internasional, Unduh

07 Januari 2019

Salah satu program/kegiatan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual (Dit.Pengelolaan KI), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Tahun Anggaran 2019 adalah Bantuan Seminar Luar Negeri yang memberikan kesempatan bagi dosen/peneliti dari perguruan tinggi yang memiliki NIDN / NIDK di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mengikuti seminar internasional yang diadakan di luar negeri. Perlu kami sampaikan bahwa sesuai ketentuan pada Panduan Pengusulan Bantuan Seminar Luar Negeri bagi Dosen/Peneliti perguruan tinggi tahun 2019, penyampaian usulan proposal Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual (Dit.Pengelolaan KI) dilakukan secara online melalui SIMLITABMAS dengan alamat http://simlitabmas.dikti.go.id/bsln. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon Saudara berkenan menginformasikan program dimaksud kepada dosen/peneliti di lingkungan perguruan tinggi Saudara dengan ketentuan sebagai berikut:

1.  Untuk pendaftaran, pengusul yang telah memiliki username dan password untuk bisa langsung mendaftarkan usulannya melalui SIM-LITABMAS dan pengusul yang belum memiliki user dan password harap menghubungi operator SIM-LITABMAS di lembaga penelitian perguruan tinggi masing-masing.

2.    Persyaratan pengusulan dapat dilihat di Panduan Pengusulan Bantuan Seminar Luar Negeri bagi Dosen/Peneliti di Perguruan Tinggi tahun 2019 dan Panduan pengoperasian SIMLITABMAS untuk pengusul dapat diunduh di http://simlitabmas.dikti.go.id/bsln.

3.    Pendaftaran pengusul sudah dapat dilaksanakan sejak diterbitkannya surat ini s.d. 30 September 2019, untuk pelaksanaan seminar s.d. 31 Oktober 2019

4.    Program bantuan seminar luar negeri akan ditutup sebelum batas waktu berakhir jika kuota anggaran/bantuan sudah terpenuhi.

Informasi calon peserta yang akan menerima bantuan setelah dilakukan seleksi, dapat dilihat melalui SIM-LITABMAS dengan alamat seperti di atas. Demikian untuk diketahui dan dilaksanakan, atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

 

Edaran Surat Bantuan Seminar Luar Negeri Bagi Dosen, Unduh

Panduan Bantuan Seminar Luar, Unduh

07 Januari 2019

Diberitahukan dengan hormat bahwa salah satu program Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan dalam tahun 2019 adalah pemberian Bantuan Konferensi Ilmiah Internasional. Program ini memberikan kesempatan kepada institusi LPNK, Lembaga Penelitian Kementerian, Perguruan Tinggi Non Kemristekdikti dan Himpunan Profesi untuk mengikuti kompetisi meraih Bantuan Penyelenggaraan Konferensi Internasional.

Bantuan ini diharapkan dapat dijadikan sarana bagi pengembangan kapasitas keilmuan akademisi Indonesia. Proposal Penyelenggaraan Konferensi Ilmiah Internasional harus dengan persetujuan pimpinan LPNK, Lembaga Penelitian Kementerian, Perguruan Tinggi Non Kemristekdikti dan Himpunan Profesi. Perlu kami sampaikan bahwa sesuai ketentuan pada Panduan Pengusulan Bantuan Konferensi Ilmiah Internasiona untuk LPNK, Lembaga Penelitian Kementerian, Perguruan Tinggi Non Kemristekdikti dan Himpunan Profesi tahun 2018, penyampaian usulan proposal Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual (Dit.Pengelolaan KI) dilakukan secara online melalui SIM-LITABMAS dengan alamat :  http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/konferensi Adapun ketentuan Pengajuan Proposal sebagai berikut:

1.    Untuk pendaftaran, pengusul yang telah memiliki username dan password untuk bisa langsung mendaftarkan usulannya melalui SIM-LITABMAS dan pengusul yang belum memiliki username dan password SIM-LITABMAS dapat dapat melakukan registrasi melalui SIMLITABMAS:http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/akunInsinas/permintaanAkun.aspx. Persyaratan dan Tata Cara pengusulan dapat dilihat di Panduan Pengajuan Proposal Bantuan Konferensi Ilmiah Internasional tahun 2019 yang telah diunggah pada Simlitabmas.

2.    Pendaftaran pengusul sudah dapat dilaksanakan sejak diterbitkannya surat ini s.d. 31 Januari 2019  

Pengumuman Penerima Bantuan Konferensi Ilmiah Internasional tahun 2019, dapat dilihat melalui SIM-LITABMAS 4. Contact Person yang dapat dihubungi adalah :

1.    Dhaniek Wardhanie, No. HP/WA : 087788632572,

2.    Galih Bramudyas Yogaswara, No. HP/WA : 081311309000.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih

 

Surat Edaran Bantuan Konferensi Ilmiah Internasional 2019, Unduh

Panduan, Unduh

06 November 2018

Dalam rangka meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi menawarkan Program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME)-Aminef. Program ini antara lain meliputi kegiatan pengiriman dosen professor atau dosen S3 (senior) ke perguruan tinggi/institusi penelitian di luar negeri. Program ini antara lain bertujuan memfasilitasi dosen untuk mengembangkan penelitian dan publikasi di jurnal internasional, memperbaharui bahan ajar dan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan internasional, dan sebagainya. Prinsip dasar kegiatan ini adalah kesetaraan, kemitraan dan berkesinambungan dalam kerja sama international.

Bagi dosen di Perguruan Tinggi yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mengusulkan melalui laman : http://kompetensi.sumberdaya.ristekdikti.go.id, dan mengirimkan dokumen proposal ke alamat :
Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Gedung D, Senayan, Jakarta.

Batas waktu usulan paling lambat diterima tanggal 15 Nopember 2018

Info pada Lampiran

18 Oktober 2018

Dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran/perkuliahan di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti memberikan kesempatan kepada dosen LPTK untuk mengikuti pelatihan Lesson Study di Jepang selama 4 (empat) minggu, yang akan dilaksanakan pada bulan Pebruari sd Maret 2019 (Batch 8).

Penetapan calon yang diusulkan oleh perguruan tinggi hendaknya memperhatikan aspek pemerataan program studi dan fakultas. Bagi dosen yang telah lolos di internal Perguruan Tinggi dapat melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen melalui laman: http://kompetensi.sumberdaya.ristekdikti.go.id, dan mengirimkan dokumen ke alamat :

Direktur Karir dan Kompetensi SDM,
Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi,
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Gedung D, Senayan, Jakarta.

Batas waktu usulan paling lambat diterima tanggal 1 Nopember 2018. Kementerian akan memilih 14 (empat belas) orang untuk mengikuti pelatihan Batch 8 melalui proses seleksi berkas dan wawancara.

Info Unduh

09 Oktober 2018

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktifitas ilmiah para dosen terutama Professor di Perguruan Tinggi, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti menawarkan program Sabbatical Leave.

Bagi dosen di Perguruan Tinggi yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen melalui laman http://kompetensi.sumberdaya.ristekdikti.go.id, dan mengirimkan dokumen proposal ke alamat :

Direktur Karir dan Kompetensi SDM,
Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi,
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Gedung D, Senayan, Jakarta.

Batas waktu usulan paling lambat diterima tanggal 14 Oktober 2018.

 

unduh lampiran

20 September 2018

Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, bekerjasama dengan Australian Technology Network (ATN) of Universities, akan menyelenggarakan  “RISTEKDIKTI – ATN 3rdInspiring International Research Excellence Symposium: Strategies for Developing International Career Researchers”

Informasi lengkap pada lampiran

20 September 2018

Dalam upaya mendukung peningkatan kapasitas, kompetensi SDM dan meningkatkan wawasan, pengetahuan dosen dalam bidang sains, teknologi, sosial, dan humaniora sesuai dengan agenda riset nasional serta membangun jejaring nasional dan internasional. Dengan ini Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti menawarkan Program Short Course Luar Negeri Gelombang ke-4 bagi dosen dari Perguruan Tinggi di lingkungan Kemristekdikti pada bidang Health Sciences pada Oktober-November di Inggris dan Early Childhood pada November di Finlandia.

Informasi terkait program tersebut, silahkan unduk pada lampiran